Waktu Baca: 3 menit

Bagi saya, nama Rahmat Effendi itu familiar. Dirinya sering muncul di televisi dan media massa. Ia juga sering dimintai pendapat dari berbagai media tiap ada kasus kasus seru. Seminggu sekali pasti ada aja lah nama Rahmat Effendi di berita. Beberapa waktu lalu, sobat saya bahkan melakukan wawancara eksklusif dengan Rahmat Effendi, mengikuti kegiatan sang wali kota dari pagi sampai malam. Bolehlah kalau saya katakan Bapak Rahmat Effendi ini begitu tersohor. Cuman, satu hal yang saya bingung sampai hari ini adalah : Rahmat Effendi terkenal karena apa? Iya, beneran, apa yang membuat Rahmat Effendi menjadi media darling?

Demam Kepala Daerah Keren

Saya mencoba melakukan analisa. Saya rasa Walkot Bekasi ini terkenal karena salah satunya ia merupakan bagian dari new wave kepala daerah keren. Bukan..bukan..dianya yang keren, yang keren adalah temen temen seangkatan dia yang jadi kepala daerah. Sebut saja ada nama Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil sebagai walikota Bandung dan Ganjar Pranowo yang jadi Gubernur Jateng. Sebelum saya mendapat serangan lebih lanjut, kepala daerah keren ini maksudnya mereka mereka yang dikultuskan oleh sekelompok masyarakat sehingga media juga asyk untuk mengikuti sepak terjang mereka gitu lhoh. Nah, Rahmat Effendi ini kebawa arus karena ya kebetulan Bekasi posisinya di antara segitiga kepala daerah keren.

Mungkin, buat media massa, pas Jokowi atau Ahok atau Ridwan Kamil lagi gak bikin ulah yang asyk, nah Rahmat ini solusinya. Bak karakter spin-off, Rahmat Effendi ini bagai Hawkeye. Jadi film sendiri kok kayaknya gak bakal laris, kalau jadi serial tv boleh juga. Inilah penyebab Rahmat Effendy terkenal begitu. Apa cuma itu alasannya? Oh tidak!

Planet Bekasi

Entah siapa yang memulai, Bekasi mendapatkan kepopulerannya ketika resmi memisahkan diri dari planet bumi. Ya, ini tidak termasuk gerakan separatis. Gerakan separatiskan emang niat memisahkan diri dari sebuah negara yang sudah eksis terlebih dahulu. Lha in ikan memisahkan diri dari planet bumi dan menjadi planet yang mandiri.

Sebagai kapten dari Planet Bekasi, Rahmat Effendi ikutan terkenal pastinya. Lha wong ketua gerakan separatis aja dikenang sepanjang massa, apalagi ketua yang berani meninggalkan bumi. Ya, ini bisa saya sebut gebrakan. Ahok mana berani kan berkata, “sekarang Jakarta planet sendiri! Bodo amat!” Gak kan?? Nah, Rahmat Effendi dengan keberaniannya memisahkan diri membuat media itu pengen aja ngikutin dia.

Mungkin ini yang membuatnya terkenal.

Berani Beda

Kita itu sebenarnya terjebak di masa SMA. Bukan fisiknya tapi pikirannya. Kita tuh suka lihat murid yang aneh dan beda banget apalagi kalau dia daring dan ekstrovert. Walau kalau kita pikir pikir, aksinya aneh dan gak ada gunanya. Nah, ini nih yang menjawab Rahmat Effendi terkenal karena apa: karena aksinya itu aneh! Soal baik atau enggak, ya enggak jelas aja. Pokoknya aneh, tapi seru!

Bayangkan, lagi Covid dia bikin pesta bro, ya seru! Berani banget, Laki banget. Berani menantang virus Korona. Mungkin mikirnya Chuck Noris aja bisa melawan korona, masa dia enggak? Kota aja bisa pindah dari planet bumi lhoh! Nglawan yang kecil kecil kayak korona bisa dong. Banyak yang pada takut dengan korona kagum dan heran dengan aksi Rahmat Effendi. Yang jelas, suka nggak suka, ini bikin dia terkenal.

Udah gitu, baru baru ini ia meresmikan anggaran bunga sebanyak satu Milyar Rupiah. Banyak yang protes, bunga apa ini kok sampai satu Milyar? Apakah bunga bangkai yang tumbuh setahun sekali itupun random? Atau jangan jangan kita salah baca, itu bukan buat bunga papan tapi untuk mengundang Bunga Citra Lestari mengadakan konser “Dare to Get Korona”? Apapun itu, Rahmat Effendi emang bisa aja ngundang medialah buat ngeliput dia.

Gimanapun Juga

Yah, itu mungkin kira kira jawaban keheranan saya. Semalam akhirnya Rahmat Effendi mengundang media massa untuk meliputnya sekali lagi dengan skala besar. Namun abis itu gak jelas kapan dia diliput lagi. Kali ini ia tampil dengan rompi oranye.

E laah…untuk beberapa waktu ke depan mungkin Pak Rahmat Effendi masih akan menyedot perhatian massa. Kali ini jelas karena kasus kasus dugaan korupsinya.

Kalau dulu, saya benar benar penasaran, kok bisa ya Rahmat Effendi sering banget tampil di media? Ini bukan sarkas, saya benar benar penasaran. Serius!

Sumber gambar : Instagram Pepen

Baca juga :
Giring di-DO? Terus Kenapa?

Ahok dan Haji Lulung Adalah Rivalitas Legendaris Indonesia

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini