Waktu Baca: 2 menit

Akhir-akhir ini aku sering mendengar murid-muridku membicarakan game online. Sepertinya mereka lagi asik-asiknya bermain bersama di sela-sela waktu kosong. Sejenak aku berpikir game apakah itu sampai-sampai setiap kali bertemu topik pembicaraan soal game selalu menjadi bahasan yang utama. Game itu ternyata adalah Roblox.

Apa Itu Roblox?

Roblox adalah platform game online yang dibuat oleh seorang pria bernama David Baszucki. Dia merilis Roblox di tahun 2006 yang lalu. Buat sekarang anak-anak di bawah umur 16 tahun menggandrungi game yang mirip Minecraft ini. Tapi, tetap nggak menutup kemungkinan orang dewasa juga asik memainkannya.

Roblox menjadi platform yang aman untuk anak-anak karena udah memenuhi standar dari COPPA (Children Online Privacy Protection Act). Standar ini bakalan membatasi akses obrolan anak-anak. Bukan cuma itu COPPA juga mencekal pengambilan data anak-anak seperti foto dan suara tanpa seizin orang tua. Meskipun COPPA membatasi akses buat keamanan, anak-anak tetap bebas berinteraksi bahkan dengan negara lain.

Lebih Popular Dari Minecraft

Keberadaan Roblox kini lebih popular daripada Minecraft. Game garapan Baszucki ini juga memiliki jumlah pengguna aktif bulanan yang jauh melampaui jumlah pengguna aktif Minecraft. Kenapa? Karena game ini mendesain karakter layaknya seperti nyata. Desain ini pastinya berhasil menarik perhatian pengguna, termasuk anak-anak. Selain itu, kita juga bisa memainkan game ini secara gratis. Roblox juga memberikan peluang yang bermacam-macam seperti berlatih coding, kamu bisa mendesain game kamu sendiri, dan tentunya bisa sekalian menjadi ladang untuk berwirausaha. Seru kan?

Fiturnya Menarik

Aku: Why do you like playing Roblox?

Si Anak: Ehmmm.. because it’s fun.

Itulah percakapan singkatku bersama salah satu anak SD yang gemar bermain Roblox. Lantas aku pun setuju dengan pernyataannya bahwa game yang satu ini menyenangkan. Bagaimana tidak? Kamu dapat membuat avatarmu sendiri sekreatif mungkin. Selain itu, kamu akan menjumpai puluhan juta games dalam satu platform yang kebanyakan gratis dan gampang buat kamu mainkan. Beberapa games yang masuk kategori game Roblox terbaik misalnya Theme Park Tycoon 2, Phantom Forces, Vehicle Simulator, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat permainanmu sendiri menggunakan fitur Roblox Studio. Hal ini memberikan peluang untuk para kreator muda agar mampu mengekspresikan ide dan imajinasi cemerlang dan menuangkannya dalam bentuk permainan. Pemain lainnya pun nantinya bisa memainkan game yang kamu bentuk sendiri.

Punya Mata Uang Virtual

Sayangnya tidak semua item di game Roblox gratis lho ya. Kamu perlu yang namanya Robux. Apa itu Robux? Robux adalah mata uang virtual dalam Roblox. Kamu bisa menggunakannya untuk membeli berbagai item yang ditawarkan developer atau pengguna game lainnya. Harga per itemnya pun bervariasi. Mulai dari Rp 400,00 sampai milyaran rupiah. Apa nggak bikin dompet kering tuh. Hmm…

Menghasilkan Cuan

Siapa sangka ternyata bermain Roblox juga bisa menghasilkan cuan. Kok bisa? Ketika kamu membuat game kamu sendiri, makin banyak pengguna maka semakin besar pula kesempatanmu untuk bisa merampok isi dompet mereka. Nggak cuma itu, kamu bisa menjual game pass hasil bikinanmu sendiri. Kesempatan emas ini hanya akan dimiliki para developer dan kamu yang mau mencoba.

Meskipun Aman Orang Tua Tetap Harus Waspada

Walaupun udah memenuhi standar COPPA ada keamanan lain yang harus orang tua perhatikan nih. Permainan Roblox yang terkadang membujuk anak-anak untuk membeli item dan aksesoris macem-macem bisa bikin orang tua merasa cemas. Mungkin aja si kecil secara sembunyi-sembunyi memberi Roblox tanpa pengetahuan mereka. Karena itulah, orang tua perlu memberikan perhatian yang intensif kepada anak. Tapi, di sisi lain game ini juga membawa pengaruh positif untuk anak. Contohnya seperti melatih berpikir aktif, kritis, dan kreatif. Bagi para orang tua, jangan sampai lengah ya. Pastikan uang simpanan tidak raib hanya gara-gara kecolongan top up Robux.

Baca juga:

Dear Rockstar, Trilogy Grand Theft Auto Sudah Sempurna ,Mending Gak Usah Repot-Repot Diremaster!

Gamer Bisa Sukses Asalkan Bisa Memilih Gamenya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini