Waktu Baca: 2 menit

Jagad dunia maya heboh karena ada selfie yang jadi NFT. Bahkan, harganya sampai Miliaran! Pembuat NFT tersebut adalah, Ghozali, atau di dunia per-NFT-an terkenal sebagai Ghozali Everyday. Dia mengaku menjual foto selfienya sejak 2017. Jauh sebelum NFT booming akhir-akhir ini.

Chef Arnold sendiri juga terkejut sama trend pembelian NFT Ghozali Everyday. Juri Masterchef ini awalnya mengira kalau Ghozali Everyday cuma sebuah jokes belaka. Di lain tempat Reza Arap mengaku membeli NFT Ghozali Everyday. Influencer yang tergabung di Weird Genius ini membelinya seharga $1.300. Kalau kita rupiahin jadi 18,5 juta. Wadawww…

Lalu kok bisa ya NFTnya Ghozali sampai miliaran gitu?

Menalar Harga NFT Miliaran: Sudut Pandang Negatif

Kira-kira kenapa nih selfie jadi NFT ini bisa sampe miliaran? Sebenarnya banyak spekulasi soal alasan yang melatar belakangi. Ada yang melihat dari kacamata positif. Ada juga yang menganggap ini akal-akalan aja alias negatif. Aku bakalan jabarin keduanya.

Kita mulai dari melihat selfie jadi NFT dari sudut pandang negatif. Aku bakalan menyebut sebuah trik bisnis yang dianggap kotor selama ini, Monkey Business. Beberapa orang termasuk aku sedikit menaruh curiga adanya permainan Monkey Business di sini. Bukan dari Ghozalinya, tapi dari pembelinya.

Yang terjadi di kejutan selfie jadi NFT mungkin bisa kita ibaratkan dengan batu akik, tanaman gelombang cinta dan sebagainya. Ada pihak yang sengaja memainkan monkey business. Pihak-pihak tertentu sengaja membentuk mindset masyarakat bahwa tanaman gelombang cinta atau akik adalah investasi. Kenapa investasi? Karena harganya bakalan terus melonjak. Kenyataannya? Sekarang apakah harganya semahal dulu? Sayangnya enggak.

Beberapa pihak sebagai pembeli selfie Ghozali membentuk mindset kita bahwa ini adalah investasi. Membeli selfie orang dengan harga tinggi, harapannya membentuk mindset masyarakat dan akhirnya harga akan terus naik. Tapi ketika suatu waktu bisa anjlok karena mereka merubah trendnya. Caranya? Ya dengan membeli NFT lain dengan harga tinggi sehingga pandangan kita bergeser lagi dan lagi.

Menalar Harga NFT Miliaran: Sudut Pandang Positif

Sekarang kita menyeberang ke kacamata positifnya. Kenapa kok selfie Ghozali meledak? Ya, karena unik.

Sependek pengetahuanku sekarang, kayanya yang menginisiasi jualan selfie jadi NFT adalah Ghozali. Mahasiswa semester akhir ini menjual produk yang unik bin nyeleneh di tengah gelombang produk “serius” NFT. Ketika orang berbondong-bondong membuat karya semaksimal mungkin, Ghozali menggebrak pintu dengan selfienya.

Kondisi ini bisa aja bikin nilai selfie jadi NFTnya Ghozali terus merangkak naik. Kok bisa? karena NFT Ghozali Everyday bakalan dikenal sebagai produk selfie pertama di dunia NFT. Kalaupun bukan yang pertama ya yang viral pertama. Kalau kamu memegang barang yang punya cap “unik” benda itu bakalan berharga. Bahkan ketika makin banyak yang jualan selfie jadi NFT, selfie Ghozali tetap bakalan jadi yang paling iconic.

Perlukah Dibeli?

Nahh… Apakah kita perlu membeli NFTnya Ghozali? Jawabannya simple, terserah kamu. Keputusan membeli atau nggaknya tergantung sudut pandang mana yang kamu pegang. Tergantung juga sama kondisi keuangan kamu.

Kalau kamu ngerasa NFT ini worth it dan keuanganmu aman ya monggo aja. Tapi kalau kondisi yang terjadi sebaliknya, atau seenggaknya keuanganmu ga aman ya jangan. Semuanya kembali ke kesimpulanmu terhadap NFT dan kondisimu sendiri.

Baca juga:

Mengulik Potensi NFT Jadi Jalan Buat Pelaku Seni Visual

Mindset Investor, Bukan Cari Kaya!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini