Waktu Baca: 2 menit

Yang namanya sekolah pasti gak luput dari tugas. Entah itu kerja kelompok atau individu, pasti ada saja beban tugas yang siswa pikul. Gak jarang, nih, para guru rajin banget ngasih kita tugas sampai kita gak tahu lagi mau ngerjain yang mana dulu. Udah capek ikut kelas sampe sore, belum lagi bimbel, eh ketambahan sama tugas. Gimana gak pengen rebahan terus?

Ngomongin soal tugas, kita gak bisa ngelak kalo kita suka nunda waktu buat ngerjain satu tugas, apalagi tugas mapel yang kita benci. Duh, rasanya pengen skip aja! Tapi, semalas apapun kita, pasti ada tetes niat terakhir untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sudah mendekati deadline. Eh tapi pernah gak sih kalian dapat pesan dari teman yang minta contekan tugas? Pasti pernah, ya. Sekali kita bakal ladeni, tapi terkadang orang yang sama balik lagi buat minta contekan beberapa kali? Hm, harus gimana nih kalau ada teman yang minta contekan seenaknya gini?

Di artikel ini, saya punya beberapa tips yang bisa kalian ikuti buat ngadepin teman yang suka minta contekan. Simak, ya!

Kasih Contekan, Tapi Gak Semua

Kalau kalian tipe yang sungkan buat nolak, cara pertama ini bisa kalian lakukan. Jika ada teman kalian yang rutin minta contekan, coba kasih aja tapi dengan modifikasi tertentu. Dengan kata lain, coba deh kalian kosongi atau hapus jawaban kalian di beberapa pertanyaan yang emang susah untuk mencari jawabannya. Kasih aja beberapa jawaban di pertanyaan mudah. Kalian bisa tentuin berapa yang bisa kalian tunjukkan ke teman kalian itu. Dengan ini, si teman gak bisa contek secara menyeluruh jawaban kalian.

Beri Dia Clue Tentang Cara Menjawab

Tips yang kedua ini yang sering saya lakukan jika ada teman minta contekan. Jika kalian udah lelah dengan kelakuan teman kalian tapi tak ingin memarahi, coba bimbing dia untuk menyelesaikan tugas. Gak harus bimbing secara terus-menerus, kalian bisa cukup beritahu clue yang bisa membantunya menjawab pertanyaan di tugas. Contohnya memberitahu rumus apa yang bisa dipakai, halaman mana yang membahas pertanyaan tersebut, atau keyword apa yang bisa teman kalian cari di Google untuk membantunya mencari bahan bacaan. Tips kedua ini sangat bermanfaat buat membimbing teman kalian untuk lebih aktif dan mandiri untuk mencari jawaban.

Abaikan

Jalan terakhir jika kalian sudah muak dengan kelakuan teman kalian yang minta contekan tanpa henti adalah dengan cara mengabaikannya. Believe me, gak perlu merasa bersalah jika kalian harus mengabaikan mereka. Toh, kalian punya hak untuk membagi jawaban kalian ke orang lain, kan? Lagian, kalau kalian terus memenuhi permintaan teman kalian yang satu ini, yang ada mereka jadi ketergantungan ke kalian dan males buat mikir. Jadi, kalau kalian merasa jika teman kalian sudah melewati batas, abaikan saja pesannya. Jika dia sampai berkata kasar dan mengancam, gak salah kok kalau kalian memblokir nomor teleponnya. Hidup jangan dibawa susah, ya, bestie 🙂

Itu dia tips menghadapi teman yang suka minta contekan tugas. Ingat, kalian punya hak penuh untuk menentukan apakah kalian ingin membagi jawaban tugas kalian atau enggak. Bantulah teman kalian untuk berpikir secara mandiri, bukan mengambil jalan pintas dengan minta contekan. Semangat untuk para pelajar Indonesia!

Baca juga:

Joki Tugas: Pembantu atau Perusak Generasi Muda?

Tugas Akhir Belum Kelar Kenapa Ya?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini