Waktu Baca: 2 menit

Memiliki angan-angan buat hidup dengan baik pastinya ada di benak setiap orang bahkan termasuk kamu dan aku. Berinteraksi dengan orang, menjalankan pekerjaan, memikirkan kebutuhan hidup sampai masa depan sering membuat kita lelah sepanjang waktu. Rasanya seperti kita menjalani hidup yang teramat sia-sia. Sepanjang waktu yang kita lewati hanyalah hari-hari yang melelahkan. Nah, kalau kamu merasa seperti itu aku ada 3 tips sederhana yang bisa membuatmu hidup lebih baik!

Rutin Berolahraga

Berolahraga ternyata punya efek yang lebih dari sekedar membuat tubuh jadi sehat. Dengan kamu mulai berolahraga ternyata juga bisa membuat moodmu lebih baik. Selain itu berolahraga juga membuat kita memiliki kontrol setress yang lebih baik. Kenapa begitu? Berolahraga memicu produksi 2 hormon yang menjadi pengaruh mood dan setress kita. Hormon itu adalah endorfin si pengendali setress dan serotonin si hormon yang memperbaiki mood.

Tapi, kamu jangan sampai berolahraga berlebihan. Kamu cukup berolahraga seenggaknya 30 menit setiap harinya per 5 hari dalam seminggu. Hal ini karena kalau kamu berolahraga terlalu keras justru bisa membuat tubuh kita terganggu. Mulai dari kesulitan tidur hingga kelelahan yang berujung menurunnya daya tahan tubuh. Buat menjalani hidup yang lebih baik kita harus berolahraga rutin tanpa membebani tubuh kita secara berlebihan.

Bermeditasi

Sudah banyak orang yang menyarankan buat bermeditasi. Bukan tanpa alasan, bermeditasi memang membuat kita hidup lebih baik. Kegiatan yang sederhana ini memberikan kita kesempatan buat lebih memahami diri kita sendiri. Mulai dari memahami apa yang kita khawatirkan, melakukan intropeksi diri hingga menjernihkan isi kepala kita dari segala kelelahan. Dengan memberikan kesempatan pikiran dan emosi kita buat rehat sejenak kita bisa menjalani hari dengan lebih tenang. Bahkan, kita juga bisa mempertajam intuisi kita yang bakalan membimbing kita dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau kamu mau mencoba bermeditasi, nggak usah muluk-muluk. Kamu nggak perlu bermeditasi selama 1 jam karena memang bermeditasi bukanlah hal yang mudah. Kamu hanya perlu belajar meditasi secara rutin mulai dari 5-10 menit saja. Setelah itu, jika kamu mau meningkatkan durasi meditasimu maka naikanlah durasinya secara perlahan.

Membaca

Buku adalah jendela dunia, pasti kamu pernah mendengar ungkapan yang satu ini. Tapi, membaca yang aku maksud di sini nggak muluk-muluk harus membaca buku yang tebal. Kamu bisa memulai dengan membaca artikel-artikel sederhana mengenai self-improvement. Kamu bisa juga membaca artikel-artikel tentang apa yang kamu suka.

Dengan membaca kita bisa menambah referensi kita buat berpikir. Bahkan dengan membaca kita bisa mengubah paradigma berpikir kita. Kita bisa memiliki lebih banyak pilihan di pikiran kita buat memilih bagaimana cara memandang sesuatu. Nggak terlalu terpaku sama apa yang jadi persepsi kita pribadi tanpa membenturkannya dengan apa yang kita baca.

Nah, kira-kira mana aja yang udah kamu lakuin?

Foto oleh Sebastian Voortman dari Pexels

Baca juga:

Cara Simpel Buat Tobat Dari Kebiasaan Prokrastinasi

Buku Self-Help dan Pelajaran Berharga Di Dalamnya

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini