Waktu Baca: 2 menit

Pernahkah kamu membaca buku berjudul The 5 AM Club? Sebuah buku yang ditulis oleh Rhobin Sharma berhasil menjadi bestselling author. Rhobin Sharma menjadi salah satu dari 5 pakar kepemimpinan terbaik dunia. Ia adalah seorang advisor, CEO, dan juga rock star. Dalam bukunya, ia menuliskan slogan yang berbunyi “own your morning, elevate your life”. Kamu akan menemukan pengalaman-pengalaman dari beberapa figur yang berhasil bangun pagi dengan konsisten dan memiliki kualitas hidup yang melebihi orang-orang pada umumnya. Inilah 3 insights yang bisa kamu lakukan.

Bangun Jam 5 Pagi

Melakukan apa yang nggak orang lain lakukan. Itulah kunci memperbaiki kualitas hidup. Bangun jam 5 pagi terdengar sederhana tapi ternyata cukup menantang. Bagaimana tidak? Jam-jam di mana masih enak buat tidur tapi harus bangun dan mengawali hari.

Dalam buku The 5 AM Club, ada metode yang namanya 20/20/20. Metode ini bisa kamu lakukan setelah bangun pagi. Kamu bisa memanfaatkan 20 menit pertamamu buat latihan fisik. Latihan fisik nggak perlu yang berat-berat. Kamu cukup menyesuaikan dengan kemampuanmu. Jangan sampai yang niatnya mau bikin badan seger malah sakit. Kamu bisa mulai dengan pemanasan, lari-lari kecil, atau melakukan olahraga rumahan lainnya.

Setelah kamu melakukan latihan fisik, kamu bisa menggunakan 20 menit selanjutnya buat refleksi. Refleksi bisa dengan cara yang bermacam-macam, misalnya menulis jurnal atau meditasi sejenak buat membangun positif afirmasi supaya kamu bisa menjalani harimu dengan baik.

Dua puluh menit selanjutnya kamu bisa gunakan untuk belajar. Lakukan hal-hal ringan seperti membaca buku yang kamu suka, mendengarkan podcast, atau sekadar membaca koran di pagi hari. Belajar tidak perlu lama-lama. Dua puluh menit saja cukup sebelum kamu memulai aktivitas utamamu.

Lakukan metode itu selama 66 hari secara konsisten. Kalau istilahnya Rhobin Sharma itu automaticity point. Ketika kamu rutin menjalaninya, otomatis akan menjadi sebuah kebiasaan yang tanpa kamu paksa pun akan dengan sendirinya kamu lakukan.

Capitalization IQ

Tak hanya soal bangun pagi, kamu perlu yang namanya selalu upgrade skill. Entah itu hobi, passion, atau kesukaan lainnya. Dalam buku The 5 AM Club, ada istilah Capitalization IQ. Fokus ini berbicara tentang seberapa jauh kita memanfaatkan kemampuan yang kita miliki. Kamu perlu memiliki dedikasi dan komitmen untuk terus tumbuh. Misalnya, kalau kamu senang menulis, entah itu artikel, puisi, cerpen, atau tulisan-tulisan lainnya, teruslah menulis. Hasil yang memuaskan berawal dari latihan. Jika kamu menyadari bahwa kamu punya skill di bidang tertentu, upayakan sesuatu. Jangan biarkan kemampuanmu stuck dan akhirnya hilang. Selain itu memiliki growth mindset juga penting. Kamu bisa mulai dari hal-hal sederhana misalnya membaca buku biar pemikiranmu semakin matang.

Bekerja Tanpa Gangguan

Bangun lebih awal di pagi hari tujuannya buat membangun fokus supaya kamu bisa bekerja tanpa gangguan atau biasa disebut freedom from distraction. Mulai fokus dengan pekerjaan kamu dan hindarkan dari distraksi-distraksi yang membuat pekerjaanmu terhambat. Rhobin Sharma juga menuliskan sebuah metode yaitu metode 60/10. Setiap jam bekerja, kamu bisa ambil waktu buat istirahat selama 10 menit. Bisa dengan stretching, jalan-jalan sebentar, bersosialiasi dengan orang sekitar, dan kalau bisa no screen time.

Kamu bisa lakukan beberapa cara di atas buat memperbaiki kualitas hidupmu. Membiasakan diri bangun lebih awal di pagi hari buat membangun positive vibes dalam diri. Kuncinya adalah hasil yang baik berawal dari kebiasaan yang baik.

Baca juga:

Buku Self-Help dan Pelajaran Berharga Di Dalamnya

3 Hal Sederhana Yang Bisa Membuatmu Hidup Lebih Baik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini