Waktu Baca: 3 menit

Pada hari ini Pakbob.id genap berusia satu tahun. Sekedar informasi, tanggal 14 Februari 2020 merupakan tanggal ulang tahun Pakbob.id.  Ibarat bayi, Pakbob.id masih bayi, baru belajar jalan, lagi lucu lucunya. Namun, jujur saja, meski sekarang menjadi bayi yang sehat, Pakbob.id ndak tiba tiba tumbuh dengan mudahnya. Banyak tantangan yang kami hadapi, salah satunya ya bongkar pasang personil. Memang, tidak semua orang siap dengan konsekuensi mengelola media online. Beberapa dari mereka merasa bahwa pengennya Pakbob.id itu sebagai media senang senang. Ya, buat saya, bekerja itu harus senang hati, tapi ndak bisa sembarangan apalagi tanpa target. Karena itulah, ketika ada yang pamit mengundurkan diri karena tidak menemukan kesenangan lagi di Pakbob.id, ya saya monggokan. Buat apa menahan orang yang tidak mau berjuang dan pengennya dilayani terus menerus. Beruntung perlahan Pakbob.id malah jauh lebih berkembang ketika mulai dikelola anak muda.

Pengalaman Penting Tapi Tidak Segalanya

Bagi saya menyambut anak anak muda dalam mengelola Pakbob.id adalah suatu hal yang saya syukuri. Anak anak muda yang baru bergabung seperti Raditya Saputra yang kini menjadi COO dan CFO adalah contoh bagaimana action lebih penting dari sekedar bunyi. Bagi saya, Radit mungkin harus banyak belajar dari pengalaman saya ataupun anggota dewan penasehat, namun Radit tidak ragu untuk mencoba hal baru.

Lalu ada juga Diyana Salimovna yang meski tulisannya bagus, sering merasa tulisannya biasa saja. Ya bagi saya ini sikap yang harus ditiru. Tidak pernah puas memang salah satu jalan mencapai kesempurnaan. Merasa kurang membuat karya kita semakin sempurna, begitu kata Eric Barker dalam bukunya Barking Up in Wrong Tree.

Saya yang sudah cukup senior ini merasa bersyukur belajar dari generasi muda.

Hal ini memang berkebalikan dari generasi tua yang katanya wong pengalaman tapi jatuhnya cuma talk only less action. Radit ini seolah tamparan juga buat saya untuk nggak cuma jadi orang yang pinter ngomong tapi jarang punya aksi. Bagi saya coba dulu ndak pa pa, gagal itu urusan lain, bisa kita perbaiki.

Lalu ada juga kontributor kontributor yang rajin menulis dan mengeksplorasi. Sesekali mereka masih bertanya, apa tulisannya sudah bagus? Apakah masih ada yang perlu mendapat perbaikan? Bagi saya jawabannya jelas : Pasti ada. Tapi kan ndak usah terlalu dipikir pikir keras keras karena belajar itu memang banyak gagalnya. Sebagai bayi, Pakbob.id ya berjalan, terjatuh dan belajar jalan lagi, sampai nanti bisa berlari. It is okay to fail.

Yang enggak oke itu banyak teori, banyak ngeluh dan ndak ada hasilnya. Dengan bertambahnya umur saya mencoba menghindari orang kebanyakan teori tanpa aksi karena bagi saya orang seperti ini cuma bisa menjadi bahan gunjingan berenergi negatif dan gak bikin saya tambah pinter juga. Mending kita lakukan, soal gagal ya sudahlah entar entar saja kita perbaiki sambil jalan.

Dukungan Eksternal Yang Luar Biasa

Punya penasihat sekelas Donny Verdian, Adityawarman dan Michael Ridwanullah itu benar benar berkat buat kami. Mereka sudah berpengalaman di bidangnya dan sangat bisa disambati (menjadi tempat keluh kesah-red). Belum lagi ada bantuan dari mas Johannes Kunto yang memastikan website kami lancar jaya tanpa bug. Sebagai anak baru dalam dunia media online alternatif, bantuan bantuan mereka ini sungguh tiada duanya. Berkat mereka juga kami bisa bertemu dengan narasumber narasumber yang menarik.

Bagaimanapun belajar itu harus darimana saja. Proses belajar itu ya seperti kata saya tadi: belajar, berkarya, mendapat kritik, belajar, berkarya lagi dan seterusnya sampai di satu titik kita merasa agak puas. Agak puas karena karya itu sedikit lebih baik, kemudian kita genjot lagi supaya makin jos gandos.

Akhir kata, selamat ulang tahun Pakbob.id. Terima kasih atas pelajaran berharganya setahun ini. Semoga kita makin banyak action, less drama dan tidak terjebak dengan orang orang kebanyakan teori tanpa komitmen.

 

Salam,

Ardi Pramono

Baca juga :
Cara Kirim Tulisan di Pakbob.id, Klik Di sini!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini