Waktu Baca: 4 menit

Media sosial dengan logo identik si burung ini selalu menjadi perbincangan yang hangat di kalangan anak muda termasuk para selebritas terkenal. Apalagi jika bukan Twitter. Twitter dengan segala keviralannya ini merupakan media sosial dengan jumlah pengguna yang relatif banyak. Saya sendiri adalah pengguna Twitter dari jaman batu. Saya mengikuti perkembangan Twitter sejak tahun 2014. 

Twitter dalam perkembangannya kini memiliki beberapa bahasa Twitter atau orang-orang kenal sebagai “Kamus Bahasa Twitter”.  Apa saja Kamus Bahasa Twitter yang sering digunakan?

Mutual

Ini adalah kata yang sering muncul dari pengguna Twitter. Mutual ini adalah sebutan untuk followers (pengikut). Dengan kata lain, istilah ini mewakili keadaan di mana kita mengikuti orang lain dan orang tersebut mengikuti kita sehingga kita menjadi teman di twitter.

JB JB

Siapa yang tak asing dengan istilah JB JB? Ini adalah singkatan dari ‘join bareng’. JB JB biasanya kita gunakan ketika ingin nimbrung dalam postingan orang lain dengan tujuan mengakrabkan diri atau mencari relasi di Twitter.

Thread

Nah, untuk isitilah yang satu ini biasanya kita pakai untuk mengunggah sebuah tulisan yang panjang. Mengingat Twitter punya kapasitas ruang yang terbatas untuk mencuit jadi di situlah fungsi sebuah thread. Jadi, jika ingin mengunggah tulisan atau cerita yang sekiranya panjang, bisa tuh buat thread saja. Kebanyakan orang membaca kata ini ‘trit’, tapi yang benar dibacanya /θred/ yang berarti ‘menjuntai ke bawah’. Biasanya, sebuah thread berisi informasi, cerita lucu, horror, atau sambatan orang yang.

Nitip Sendal

Ada yang pernah baca frasa ‘nitip sendal’? Nitip sendal atau istilah internasionalnya “BRB (Be Right Back) adalah frasa yang seseorang gunakan untuk meninggalkan jejak di sebuah cuitan atau tweet. Biasanya, nih, istilah ini banyak muncul di kolom reply ketika ada postingan yang menyebarkan informasi namun hanya setengah-setengah dan mengundang penasaraan warga Twitter. Jadi, mereka meninggalkan jejak agar postingan tadi tidak tertimbun dan akan kembali lagi kalau sudah ramai atau sudah terposting dengan lengkap. Haha, ada-ada aja, ya, kelakuan warga burung ini!

Cek Ombak 

Ternyata nggak hanya di pantai yang ada ombak, di Twitter pun ada, lho! Istilah ini seseorang pakai untuk mengundang orang lain meramaikan postingannya. Cara mainnya yaitu dengan mengunggah postingan yang menimbulkan banyak asumsi orang-orang. Ketika banyak orang mulai melirik postingan itu maka cuitannya menjadi ramai dan si pembuat postingan bisa mulai melanjutkan unggahannya. Ini postingannya, sih, bermacam-macam, mulai dari produk skincare, selebtwit yang lagi heboh, informasi pemerintah, resep makanan, dan lain-lain.

Flop

Nah, kalau istilah yang satu ini relate banget sama dua poin sebelumnya. Flop atau yang berarti gagal ini warga Twitter gunakan jika postingan mereka tidak mendapat respon yang ramai setelah melakukan cek ombak. Jadi, mereka tak bisa melanjutkan postingan itu.

Menfess

Menfess, singkatan dari mention confess, adalah istilah yang pengguna Twitter gunakan untuk mengirimkan cuitan namun secara anonym alias tanpa nama. Jika kamu mau mengirim menfess, ada kok platform khusus. Yuk, simak bahasa Twitter selanjutnya!

Base atau Akun Base 

Ini merupakan sebuah akun di Twitter yang dikelola oleh admin. Base sendiri dalam kamus Twitter berarti ‘basis’ atau ‘kelompok’. Jadi, akun base adalah sebuah akun yang memiliki karakteristik tertentu yang akan warga Twitter ikuti sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Misalnya, kamu suka membaca buku maka kamu bisa mem-follow akun base @.literarybase. Atau, kalau kamu suka memasak kamu bisa follow akun @.food_fess. Lain halnya jika kamu suka make up, maka kamu bisa follow @ohmybeautybak. Cara main di akun base ini, kamu bisa mengirim pertanyaan atau informasi dan berdiskusi di sana setelah mendapat respon dari pengguna lain. Tapi perlu diingat, ya, setiap akun base memiliki aturannya sendiri, jadi jangan sampai melanggar!

Nder atau Sender 

Jika kamu sudah mengerti tentang akun base, maka istilah yang satu ini masih berkaitan. Nder atau sender adalah sapaan akrab yang pengguna Twitter pakai untuk merujuk ke seseorang yang mengirim ‘menfess’ di dalam akun ‘base’, maka mereka memanggil si pengirim dengan sebutan ‘nder’.

Spill the Tea

Spill the tea atau secara harfiah bermakna ‘menumpahkan teh’ adalah istilah untuk menyuruh seseorang untuk menyebarkan informasi lebih rinci sehingga warga burung biru lain tahu informasi atau keributan apa yang sedang terjadi. Gampangnya, nih, seperti berkata “Ayo, kasih tau aku, dong!”

Akun Alter 

Dalam Twitter juga ada yang namanya akun alter. Akun ini digunakan penggunanya untuk menggugah postingan-postingan dari sisi lain yang tidak populer dari akun utama atau di dunia nyatanya. Alhasil, tak banyak orang yang tahu identitas asli si pemilik akun. Biasanya, ya, akun alter ini digunakan untuk ranah yang menjurus ke 18+.

Akun Role Player (RP)

Akun Role Player, atau lebih dikenal dengan RP ini, adalah sebuah jenis akun di Twitter untuk memainkan karakter sebagai orang lain sesuai dengan keinginan. Karakternya bervariasi, mulai dari tokoh anime, penyanyi, artis, dan lain lain.

AU (Alternative Universe)

AU merupakan cerita fiksi karangan oleh pengguna Twitter dengan menggunakan dimensi yang berbeda. Baru-baru ini, AU sedang marak di Twitter. Mereka yang menulis cerita fiksi biasanya menggunakan tokoh idola sebagai tokoh, seperti personel grup KPop, dan menulis cerita seolah-olah tokoh itu tinggal di Indonesia dan lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Twitter Do Your Magic 

‘Twitter do your magic’ ini juga tak asing bagi pengguna Twitter. Ini adalah istilah yang digunakan dalam cuitan untuk meminta bantuan pengguna Twitter. Jadi, ‘Twitter do your magic’ itu seperti mantra agar ada keajaiban datang untuk menolong orang tersebut. Istilah ini memang sering pengguna Twitter pakai jika mereka membutuhkan bantuan dan respon yang cepat.

TW (Tigger Warning)

TW atau Tigger Warning adalah bentuk peringatan dalam sebuah cuitan. Kita hanya bisa menggunakan singkatan ‘TW’ atau emoji peringatan untuk memberitahu bahwa tweet mengandung hal-hal yang sensitif, misal darah, pertengkaran, spoiler, kekerasan, sampai kematian. 

Itu dia beberapa bahasa Twitter yang sering bersliweran. Kalau kamu ada istilah Twitter yang belum ada di sini, share ya! ^^

Baca juga:

Keunggulan Twitter Blue Banyak, Tapi Wani Piro?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini