Waktu Baca: 3 menit

Hari-hari ini sudah mendekati deadline day bursa transfer musim panas. Beberapa perpindahan pemain dari satu klub ke klub yang lain masih terus berjalan. Salah satu yang terbaru adalah perpindahan Casemiro dari Real Madrid ke Manchester United.

Pindahnya Casemiro ke Manchester United ini terbilang cepat. Nggak ada rumor-rumor atau tetekbengek-nya, tahu-tahu Casemiro sudah sepakat berlabuh ke Old Trafford. Kabarnya, menurut Fabrizio Romano, nilai transfer Casemiro ini mencapai angka 60 juta euro plus bonus 10 juta euro, sebuah angka yang tinggi untuk pemain berusia 30 tahun.

Tapi, dengan kondisi Manchester United yang sekarang, nggak sedikit yang bingung kenapa Casemiro mau-maunya pindah ke sana? Apakah karena dia sudah tahu kalau usianya sudah tua dan harus sering-sering berpuasa? Lagian pula, kenapa Manchester United mau mengeluarkan uang sebegitu banyaknya untuk pemain berusia 30 tahun?

Begini jawabannya.

Manchester United Perlu Sosok Seperti Casemiro

Salah satu yang bisa kita nalar pertama di transfer ini adalah kebutuhan Manchester United memiliki sosok seperti Casemiro.

Melihat bagaimana pivot mereka bermain (Fred dan McTomminay) menunjukkan lini gelandang bertipe bertahan mereka benar-benar perlu perbaikan. Fred dan McTomminay acap kali bikin kesalahan yang merugikan tim sendiri. Apakah kalian masih ingat masalah di laga Manchester United vs Brighton? Di situ terlihat bagaimana Manchester United butuh gelandang bertahan seperti Casemiro.

Casemiro mungkin saja akan menggeser salah satu gelandang bertahan Manchester United di musim ini. Bisa jadi itu Fred, bisa jadi itu McTomminay.

Casemiro pun juga kemungkinan besar akan mendapatkan tugas untuk menjadi benteng pertama pertahanan Manchester United seperti di Real Madrid dulu. Dia akan lebih sering berada di depan lini bertahan Manchester United, sementara itu 2 gelandang lain ( di skema 4 – 3 – 3) akan menyerang. Baik itu Bruno atau Eriksen.

Selain dari aspek teknis, aspek moral juga menjadi salah satu faktor di transfer ini. Casemiro cukup terkenal sebagai seseorang yang keras dan mental juaranya sudah terbukti. Doi sudah mengkoleksi 5 gelar UEFA Champions League dan 3 gelar UEFA Super Cup. Aspek moral inilah yang harapannya bisa dia tularkan ke Manchester United. Sudah jadi rahasia umum kalau memang United ini punya masalah dengan mentalnya.

Mencari Tantangan Baru?

Lalu, kenapa Casemiro memilih hengkang dari Real Madrid ke Manchester United? Buat apa doi melakukan hal ini?

Seperti yang aku lansir dari berbagai media, Casemiro kini sedang membutuhkan tantangan baru. Setidaknya seperti itulah yang Carlo Ancelotti utarakan kepada awak media. Tentu saja dengan berbagai gelar yang sudah Casemiro persembahkan buat Real Madrid, Los Blancos harus menghargai keinginan Casemiro. Namun, alasan ini bisa jadi benar dan bisa jadi cuma selubungan semata.

Tapi yang pasti, transfer ini bisa aku katakan cukup memberikan keuntungan kepada Casemiro dari segi finansial maupun karirnya. Kenapa bisa begini?

Manchester United memberikan nilai kontrak yang fantastis buat Casemiro. Dia akan mendapatkan kontrak selama 5 tahun di Old Trafford. Kontrak bisa dibilang lebih panjang daripada yang dia miliki di Real Madrid (tersisa 2 tahun). Apabila Casemiro tetap bertahan di Real Madrid, bisa jadi perpanjangan kontraknya hanya berkisar selama 1 – 2 tahun saja.

Sementara itu, gaji yang Casemiro dapatkan di Old Trafford luar biasa. Dia mendapatkan gaji yang hampir 2 kali lipat dari apa yang dia dapatkan di Santiago Bernabeu. Kalaupun Casemiro bertahan dan memperpanjang kontrak di Real Madrid, nilainya nggak akan sebesar yang The Red Devils tawarkan.

Dengan gajinya besar serta durasi kontrak yang panjang jelas hal ini menujukkan betapa pentingnya peran Casemiro di Theater of Dreams. Dia akan mendapatkan garansi bermain. Casemiro setidaknya (dengan asumsi tidak cedera) bisa menjadi pemain di tim inti United 3-4 tahun ke depan.

Akhir Kata

Menarik buat kita tunggu bagaimana Casemiro bisa mempengaruhi United baik dari segi taktikal maupun mentalnya. Apakah kehadiran Casemiro bisa memperbaiki banyak hal nggak sedekar dari segi taktikal saja? Perlu kita simak dengan baik.

Aku pribadi memang gak bisa memprediksi bagaimana penampilan Casemiro dengan seragam merahnya. Percayalah, memprediksi siapapun yang bermain di Manchester United itu susah! Hehehe…

Sumber gambar: @manchesterunited

Baca juga:

Masalah yang Membuat Manchester United Kalah di Laga Perdana

Ole Out Tapi Manchester United Gak Akan Berubah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini