EU-Asian Business Council: ATIGA Bisa Jadi Tulang Punggung Ekonomi ASEAN

Waktu Baca: < 1 menit

Dikutip dari paper EU-Asian Business Council, perwalian pebisnis eropa dan asia ini mengatakan bahwa ASEAN Trade in Goods Agreement (ATIGA) bisa menjadi tulang punggung ekonomi ASEAN.

Perlu kita ketahui sebelumnya bahwa ATIGA ini adalah persetujuan mengenai pembentukan kawasan perdagangan bebas untuk perdagangan barang antara negara anggota ASEAN.

“ATIGA adalah tulang punggung integrasi ekonomi ASEAN. Hal ini bukan untuk merendahkan peran jasa dalam ambisi kawasan ini untuk menciptakan pasar tunggal dan basis produksi; melainkan mencerminkan pentingnya produksi dan pergerakan barang yang terus berlanjut dalam pertumbuhan ekonomi kawasan ini. ATIGA adalah alasan mengapa ASEAN telah membuat kemajuan yang patut dipuji dalam hal liberalisasi tarif dengan lebih dari 98% dari garis tarif nol sekarang di seluruh Asia Tenggara untuk barang-barang yang memenuhi syarat,” tulis EU-Asian Business Council dalam paper-nya yang berjudul Review & Upgrading of The ASEAN Trade in Goods Agreement.

Selain itu, badan perwakilan pebisnis ini juga menuturkan bahwa sebaiknya negara-negara di ASEAN mulai untuk mengimplementasikan ATIGA ini. Terutama kini posisi negara-negara ASEAN sedang memulihkan ekonomi mereka setelah pandemi COVID-19.

“Negara-negara ASEAN harus dipastikan semakin relevan, modern, memiliki visi ke depan dan lebih responsif terhadap perkembangan global,” tutur mereka masih melalui paper yang mereka terbitkan.

Baca juga:

Kata Jokowi Ekonomi Dunia Tahun 2023 Gelap, Benarkah? Bagaimana Kira-kira Kondisi Indonesia?

Subsidi BBM Adalah Ilusi Politik ‘Asal Rakyat Senang’ yang Menjerumuskan

Raditya Saputra
Raditya Saputra
Harusnya sih jadi guru. Tapi liat aja besok.

Similar Articles

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Advertisment

TERKINI