Waktu Baca: 2 menit

Seorang artis/ selebritis pernah ditanya oleh host sebuah acara Youtube. Kebetulan host ini orangnya agak sensitif dengan hal hal kecil. Mudah terenyuh begitulah orangnya. Ia bertanya pada artis/ selebritis ini, kenapa dia menikah? Si selebritis menjawab bahwa dia menikah karena pacarnya ingin diresmiin. Si selebritis ini menjawab bahwa ia sebenarnya tak percaya agama dan pernikahan karena pengalaman masa kecilnya. Tapi toh demi pacarnya, ia memilih mengikat janji. Si host langsung terharu dan berkata bahwa alasan si artis/selebritis ini sangat indah. Tapi saya punya pikiran berbeda, menurut saya seharusnya si selebritis ini jangan menikah. Kasihan istrinya. Lho kok?

Pilihan Berat

Bagi saya, menikah dan tidak adalah pertanyaan berat seumur hidup. Memang ada pria yang tidak ingin menikah. Entah karena tidak percaya pada pernikahan. Entah karena orang tuanya juga tidak bisa memberi teladan yang baik. Atau mungkin, hanya tidak mau saja karena terlalu repot mungkin. Yang manapun tidak menikah itu pilihan yang harus kita hormati.

Menikah juga pada saat bersamaan adalah pilihan juga dan bukan pilihan mudah. Menikah membuat kita menghadapi konsekuensi. Kita harus siap bertanggung jawab dan kita akan mendapatkan masalah masalah baru dalam hidup. Tapi, di saat bersamaan kita mendapat emotional support dan pengalaman unik yang berguna bagi pengalaman kita sebagai laki laki (hari ini saya menulis ‘jangan menikah’ dari sudut pandang laki laki).

Baca juga : Menikah di Kala Pandemi : Sebuah Penelitian Random

Pernikahan yang berhasil, sedikit banyak, juga mengangkat kepercayaan diri kita sebagai laki laki.

Nah… karena ini berat, masa ya kita biarkan orang lain mengambil keputusan untuk kita?

Jika Menikah Itu..

Kalau memilih menikah itu adalah pilihan kita sendiri, tentu kita lebih senang dan menjalani dengan sungguh sungguh. Kalau anda laki laki sejati, pasti akan bertanggung jawab dengan keputusan anda sendiri. Beda halnya kalau anda laki laki plendas plendus, jangan jangan anda sibuk cari alasan untuk salah menyalahkan kanan kiri dan mengatakan bahwa yang anda nikahi itu bukan pilihan anda sendiri.

Baca juga : Salah Pilih Pacar Itu Biasa, Kenali Caranya Supaya Enggak Salah Pilih

Nah, kalau alasan anda menikahi seseorang karena orang lain. 100 persen anda akan merasa kecewa dan kesulitan menerima dan menghadapi pernikahan. Kenapa? Ya mana ada sih orang yang merasa ikhlas hidupnya dikecewakan dengan sangat luar biasa karena pilihan orang lain.

Percayalah, bagi yang gak niat, pernikahan itu menyiksa. Banyak masalahnya bos! Jadi ya saya paham paham saja kalau ada yang merasa pernikahan itu senyebelin itu dan gak mau deket deket.

Tapi…entahlah…kalau saya kok mau menikah, sesulit apapun itu, saya anggap sebagai perjalanan pengalaman yang membuat saya puas pada diri sendiri.

Cuman..jangan sampai pernikahan itu terjadi karena pilihan orang lain. Mit amit, jangan sampai kita menikah karena pilihan orang lain, termasuk pasangan kita sendiri.

Udah Putusin Aja!

Kalau kamu tidak mau menikah tapi pasanganmu ingin, mending udah putusin aja agar pasangan perempuanmu bisa menemukan pintu yang lebih membahagiakan buat dirinya. Kamu malah terlihat gentle daripada kawin cuma untuk melegakan hati pasangan. Jangan sampai kamu kadung kesel sama pasanganmu terus kamu gak menghargai dia, menganggap dia nyusahin hidupmu dan –parahnya—kamu malah menyelingkuhi dia.

Baca juga : Lelaki Mau Menikah Harus Mengerjakan Pe-Ernya Dulu

Buat yang tidak tahu sosok selebritis yang diceritakan di awal paragraf adalah Reza Arap. Kini Reza Arap diisukan berselingkuh dari Wendy Walters. Dari salah satu sumber, mereka memberi info bahwa Reza dan Wendy memang memiliki masalah karena ketidaksamaan visi. Tanpa bermaksud mendahului, tentu kita berharap bahwa sumber itu salah tangkap dan perselingkuhan Reza Arap dan Wendy Walters biarlah hanya jadi isu yang trending semata.

Namun pada akhirnya, saya tetap tidak setuju kalau menikah itu karena orang lain. Jangan married kalau kamu emang gak niat. Nanti kamu menyakiti orang lain.

Salam!

Sumber Gambar : Lood Gosen

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini