Waktu Baca: 4 menit

Mendengar nama Sitok Srengenge, kita akan teringat pada sosok penyair karismatik yang banyak menjadi jujukan banyak orang baik di dalam maupun luar negeri. Penulis dari Kidung Kabung Sekubang Kedung ini memiliki kekuatan dalam kata katanya yang mampu menggerakkan banyak orang. Dari tangan dan pikirannya, pemuda kelahiran Godong, Jawa Tengah, ini mampu mengacaukan dan membuat gelisah banyak orang lewat karya karya yang menggugah dengan tema percintaan. Kekuatan seni pria ini luar biasa. Karena itulah banyak yang bertanya darimana inspirasinya berasal. Nah, salah satu sumber inspirasinya tak lain dan tak bukan adalah rumahnya sendiri yang ia beri nama Jiwa Jawi.

Pintu Masuk Dari Jiwa Jawi
Jiwa Jawi

Ketika saya menjejakkan kaki saya ke Jiwa Jawi, saya menemukan tempat yang misterius. Misterius karena saya harus melewati jalan yang cukup kecil. Bahkan saya sempat bertanya ke penduduk setempat, ini jalan yang benar bukan? Ketika mereka memberi konfirmasi, saya baru berani melewati jalan yang cukup kecil itu. Namun, begitu sampai di ujung jalan, saya langsung terkesima.

Pemandangan dari atas

Jiwa Jawi memiliki kontur bangunan yang unik. Tempat ini adalah hutan. Hutan yang kering dan tandus. Ketika keluarga Sitok Srengenge membelinya di tahun 2000, mereka tidak langsung membangunnya. Sebaliknya, mereka menunggu inspirasi itu datang tanpa merubah apapun bentuk dari tanah hutan tandus berbatu itu.

Awalnya, pada tahun 2006 mereka membangun joglo yang ada di bagian belakang daripada hutan itu. Kemudian, ia mulai membangun tembok, ruang restoran dan sebagainya. Hingga kemudian, semua itu selesai pada 2019.

Dengan bantuan putrinya, Laire Siwi Mentari yang berprofresi sebagai chef, pria yang pernah mendapat gelar kehormatan dalam bidang literasi di berbagai negara ini akhirnya membuka Jiwa Jawi sebagai restoran pada bulan Februari di tahun 2019 saat semua proses pembangunan telah selesai.

Eksotik Dengan Masakan Khas Nusantara
Jiwa Jawi
Suwir Ayam Kecombrang yang menggugah selera

Andalan dari restoran ini adalah masakan masakan khas Nusantara yang otentik dan lezat. Tidak hanya lezat, masakan di sini adalah masakan yang mampu menenangkan hati. Mengapa begitu? Sebab sebagian besar masakan di sini yang diracik oleh Laire sendiri adalah masakan yang dimasak dengan sederhana tapi benar benar sesuai dengan cara pemasakan yang tradisional.

Tidak hanya itu saja, rempah rempah di dalam masakan adalah rempah rempah yang berasal dari kebun Jiwa Jawi. Artinya, bahkan dari dasarnya saja, masakan di Jiwa Jawi sudah sejujur itu.

Masakan yang sempat saya coba adalah Ayam Suwir Kecombrang. Masakan ini menurut saya adalah masakan sederhana dengan rasa yang kaya. Salah satu highlight yang membuat masakan ini terasa menyegarkan adalah potongan kelopak bunga Honje atau Kecombrang yang memiliki aroma wangi khas dan membuat rasa masakan terasa berbeda.

Jujur, buat saya masakan ini benar benar pas. Kesan setelah mencicipi makanan ini adalah rasanya membuat rasa damai di hati dan selaras dengan aura Jiwa Jawi itu sendiri.

Kopi Yang Menyegarkan
Sitok Srengenge
Kopi Nusantara Yang Merefleksikan Jiwa Jawi

Saya juga mencicipi minuman khas di sini, salah satunya adalah kopi mint yang disajikan di sini. Menikmati kopi dan mint dengan aura khas Jiwa Jawi membuat saya merasa tenggelam dalam aura dan karisma karya karya Sitok Srengenge.

Seperti yang telah saya sebutkan tadi, Jiwa Jawi adalah refleksi dari jiwa seni Sitok Srengenge dengan desain yang natural dan aura mistis. Melalui tempat ini kita belajar mengenai energi alam dan kuliner di sini adalah peneman dari perjalanan itu.

Wedding

Saya sempat berbincang dengan istri Sitok Srengenge, Farah Aulia. Tempat ini ternyata disediakan juga sebagai tempat untuk melangsungkan pernikahan dengan menu menu khas Nusantaranya.

Bagi saya ini adalah pilihan yang menarik untuk melangsungkan sebuah ikatan pernikahan suci. Di sini kita belajar bagaimana memaknai cinta di karya karya Sitok Srengenge yang terangkum dan terefleksikan di Jiwa Jawi. Jadi, menurut saya, bolehlah tempat ini menjadi wishlist buat kita yang ingin melangsungkan pernikahan secara unik dan berkesan.

Tunggu Apa Lagi?

Iya, tunggu apa lagi? Mari datang ke Jiwa Jawi untuk melihat sendiri tempat yang sangat dekat dengan Sitok Srengenge dan aura aura romantismenya sembari menikmati makanan khas Nusantara yang menggugah selera dan kontur arsitektur yang natural dengan energi kesejukan yang mengalir di tiap sudutnya.

baca juga :
Menikmati Lantunan Deburan Ombak Pantai Depok

Air Terjun Kedung Kayang, Pesona Indah di Dataran Tinggi Magelang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini