Waktu Baca: 2 menit

Hai, Pakbob-ers. Yuk kita review lagu lagi. Kali ini kita akan membahas sebuah lagu yang lagi hype di beberapa sosial media. Ya, padahal udah rilis dua tahun yang lalu. Pasti kamu udah nggak asing dengan lagu milik Soegi Bornean yang berjudul Asmalibrasi, kan? Menurut saya, lagu ini menarik untuk dibahas. Kira-kira apa ya yang membuatnya menarik?

Yuk kenalan Sama Soegi Bornean

Soegi Bornean adalah sebuah band asal Semarang yang karya-karyanya bergenre pop folk. Grup band ini terbentuk pada tahun 2019 yang beranggotakan 3 orang, yaitu Fanny Soegiarto (vokalis), Aditya Ilyas (gitaris), dan Bagas Prasetyo (gitaris).

Terus kenapa kok namanya Soegi Bornean? Kata Soegi berasal dari bahasa Jawa, yakni “sugih” yang artinya kaya. Sedangkan “Bornean” adalah bentuk kecintaan mereka dengan tanah Borneo. Apalagi Fanny juga berasal dari Borneo. Jadi, kalau kita konklusikan, sebetulnya nama band ini menggambarkan penyatuan dua budaya yang berbeda (Jawa dan Kalimantan) dan disajikan dalam sebuah karya lagu yang harmonis.

Mereka berhasil merilis beberapa lagu seperti, Raksa, Pijaraya, Saturnus, Haribaan, Semenjana, Kala, Samsara, Bait Perindu,  dan Asmalibrasi. Tetapi justru karena lagu Asmalibrasi-lah yang membawa mereka menjadi lebih banyak dikenal masyarakat Indonesia.

Keunikan Lagu dan Pembawaan yang Khas

Seperti yang saya katakan di awal, lagu ini menarik untuk dibahas. Alasannya karena lagu ini unik. Memangnya lagu-lagu lainnya nggak unik? Kita bahas satu persatu. Kesan pertama saya mendengarkan lagu ini adalah membuat saya menjadi lebih tenang. Aransemen lagu yang cenderung dibuat mendayu layaknya lagu-lagu asal Borneo membuat lagu ini terdengar enak dan manis di telinga. Di tambah lagi karakter suara  sang vokalis yang cocok dengan lagunya.

Beralih ke keunikan selanjutnya, yaitu soal lirik lagu. Pemilihan diksi yang nggak biasa membuat lagu ini menjadi unik. Hampir semua karyanya pasti menyematkan beberapa kata yang mungkin bagi kita agak terkesan garib. Misalnya, kalibrasi, taksu, dira, garwa pambage, dan renjana.

Kemudian, lagu ini dibawakan dengan sederhana beralunkan melodi petikan gitar. Pembawaan yang khas pun terlihat saat mereka manggung. Sang vokalis sering menarik perhatian penonton dengan mengenakan pakaian kebaya, batik, atau pakaian khas Kalimantan. Inilah ciri khas Soegi Bornean untuk meng-highlight kedua budaya tersebut.

Interpretasi Lagu

Pemilihan diksi yang berbeda membuat lagu ini terkesan memiliki makna yang lebih dalam. Dalam mengartikan sebuah lagu, kita mengenal yang namanya metode hermenetika. Maksudnya bagaimana? Maksudnya adalah proses menafsir dan mencari sebuah makna dari sebuah lagu dengan menggunakan pengetahuan yang kita miliki. Saya yakin sebuah karya atau katakanlah sastra tidak pernah muncul karena kekosongan. Ia hadir sebagai hasil dari sebuah refleksi, perenungan, atau bahkan pengalaman pribadi seorang penulis. Saya curiga lagu ini adalah hasil dari refleksi dan pengalaman dari si penulis karena rasanya dapet banget. Hehe

Menurut paham saya, lagu ini mengkisahkan sepasang kekasih yang menjalani hubungan yang tidak sebentar. Pemilihan diksi “asmara telah terkalibrasi frekuensi yang sama” memiliki arti asmara yang sudah teruji, terukur, dan tidak perlu diragukan lagi karena mereka sudah menemukan kecocokan. Dengan keyakinan yang mereka miliki, mereka mulai mengikat janji untuk melangkah menuju hubungan yang lebih serius. Frasa pendukung selanjutnya adalah “laras rasa nihil ragu”. Semakin yakin dengan perasaan dan tidak ada sedikit celah untuk meragukan hubungan mereka. Dalam liriknya juga tertulis “dan jadikan ku kidung setia”. Hal ini berarti si penulis berharap pasangannya akan menjadi sosok yang setia menemani di sepanjang hidupnya, menjadi seorang penghibur, dan hidup dalam kebahagiaan selamanya.

Begitulah sedikit ulasan tentang lagu Asmalibrasi milik Soegi Bornean. Lagu ini memiliki jiwa sehingga membuat para penikmat musik, termasuk saya, tidak pernah bosan mendengarnya. Gimana menurut kalian?

Baca juga:

Makna Lagu Pesawat Kertas 365 Hari

Cobalah Aku dari Smile AFI Adalah Lagu Buat Para Pria Gentlemen

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini