Waktu Baca: 3 menit

Yogyakarta tak pernah gagal memberikan aku kenyamanan dan kenangan. Di setiap titiknya pasti selalu ada hal unik dan estetik. Beberapa hari yang lalu seseorang membawaku mengunjungi salah satu destinasi wisata di kawasan Menoreh, Kulon progo. Tempat ini cukup terkenal di kalangan anak muda terutama mereka atau kamu yang suka jalan-jalan. Yuk, langsung kita bahas, Tumpeng Menoreh Kulon Progo.

Tumpeng Menoreh

Apakah di antara kamu ada yang penasaran kenapa kok namanya Tumpeng Menoreh? Aku coba interpretasikan ya. Asal mula nama Tumpeng didasari dari bentuk restorannya yang menyerupai tumpeng. Kalau dalam bahasa Indonesia sebut saja berbentuk heksagonal. Selain itu, restoran yang  berbentuk heksagonal ini berlokasi di Menoreh (dataran tinggi Kulon progo). Itulah mengapa diberi nama Tumpeng Menoreh.

Tumpeng Menoreh berada di Sumbersari, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Kalau kamu dari Jogja sekitar 1 jam 15 menit dengan menggunakan motor. Dengan menggunakan maps kamu akan diarahkan menuju Kebun Teh Nglinggo. Buat kamu yang udah pernah ke sana pasti akan lebih cepat sampai ke tujuan. Setelah sampai di Kebun Teh Nglinggo, kamu perlu naik sedikit dan belok ke kiri menuruni turunan yang tidak terlalu tajam. Sudah sampai kah? Eits belum. Baru sampai parkirannya aja ya. Kamu harus berjalan kaki menaiki anak tangga sekitar 7 menit untuk sampai ke tujuan yang sebenarnya.

Suguhan Pemandangan yang Impresif

Seperti yang aku bilang tadi kalau kamu harus menaiki tangga. Sambil menyusuri tangga, aku  disambut pemandangan perbukitan di sebelah kiri. Hawa dingin juga mulai menerobos kulit. Sesampainya aku di lokasi, aku layangkan pandang dari ujung ke ujung. Tampak beberapa gunung yang terlihat biru walaupun sedikit tertutup awan. Mereka adalah Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing. Arrghhh.. Jadi pengen berpetualang ke sana. Tapi tak apa, setidaknya aku bisa melihat mereka cukup hanya di satu tempat saja. Menariknya, tempat wisata ini berada di ketinggian 1000 mdpl. Ya lumayan lah buat bisa menikmati suasana alam kali ini. Kamu bisa menikmati pemandangan sambil duduk di kursi dan bangku yang udah disediakan di setiap tingkatannya. Dan juga kamu tak perlu cari spot foto karena semua titiknya keren dan capturable.

Desain Resto yang Unik

Selain menyuguhkan pemandangan yang super memanjakan mata, Tumpeng Menoreh lengkap dengan restonya. Desain resto yang dominan kayu dilengkapi lampu-lampu yang tidak terlalu terang menambah keharmonisan resto tersebut.

Jika kamu membayar tiket di pintu masuk sejumlah Rp 50.000,00, ternyata setengah dari harga tersebut adalah voucher makan yang bisa kamu pakai di resto ini. Uniknya, model hidangannya adalah prasmanan. Kamu bisa ambil makanan semaumu. Hanya saja, kalau harganya lebih dari Rp 25.000,00 kamu akan merogoh kocek untuk membayar selebihnya ya. Tapi tenang aja, menurutku harganya masih wajar dan rasanya juga enak. Lauknya pun bermacam-macam, mulai dari telur, ayam, ikan, dan sayur. Restonya pun cukup bagus, bersih, dan tertata rapi. Sambil menikmati hidangan, kamu juga bisa sambil menikmati pemandangan sekitar.

Tak hanya resto saja, di sana juga ada stand lainnya untuk menu bakso-baksoan. Sistemnya sama, kamu bisa menggunakan voucher makan (yang belum terpakai) untuk makan di sana. Selain itu juga ada stand Coffee. Karena suasana yang cukup dingin, aku kira momen ngopi sangat recommended.

Syahdunya Suasana Malam

Aku sampai di sana sekitar jam 17.00. Untung aja masih bisa menikmati indahnya sore sebelum senja dan malam tiba. Aku kira vibes-nya akan semakin berkurang karena pengunjung di sana mulai berkurang dan waktu semakin gelap. Lampu kelap-kelip mulai menambahkan indahnya malam di sana. Serasa aura Tumpeng Menoreh hidup saat malam hari. Aku mulai menaiki tangga untuk merasakan setiap tingkatannya. Level dingin juga mulai meningkat. Sampailah di tingkat paling atas. Anginnya pun sangat kencang dan membuat aku ingin segera kembali turun. Percayalah, merasakan dingin di setiap tingkat adalah kepuasan tersendiri.

Walaupun biaya masuk terbilang wow, tapi menurutku masih layak untuk tempat yang semenarik itu. Tumpeng Menoreh juga cocok banget buat kamu pencari sunrise dan sunset. Jangan lupa abadikan setiap momenmu di sana. Yuk, kapan mau ke sana?

Baca juga:

Mahaloka Paradise: Tempat Nongkrong Hits Jogja

Terraloka Tempat Ngopi Mepet Sawah Nan Aduhai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini