Waktu Baca: 3 menit

Masakan babi adalah makanan yang jadi favorit untuk sebagian orang di Indonesia. Rasanya yang berkarakter dan biasanya pasti enak jadi alasannya. Pada kesempatan kali ini, saya berkesempatan buat ngerasain masakan babi yang menarik di Yogyakarta. Nama warung babi ini adalah Warung Buto yang terletak di Jalan Brigjen Katamso.

Gimana Tempatnya?

warung buto

Sebenarnya Warung Buto ini termasuk berukuran kecil. Tempatnya nggak bisa menampung banyak orang seperti warung babi lainnya kaya Warung Bu Komang atau Bima Kroda. Tapi, meskipun kecil tempatnya cukup nyaman, meskipun ornamen motor di tempatnya seperti terkesan bikin tempat ini nggak rapi dan agak di luar tema perbabian.

Warung makan babi di dekat Jogjatronik ini terbagi menjadi dua bagian untuk tempat makannya. Pertama yang ada di dalam dan ada di luar khusus buat para perokok yang pengen makan babi sambil sebat-sebat asik. Tentu saja pembagian ini bikin nyaman di mana yang merokok bisa merokok dan kita yang nggak suka asap rokok bisa terbebas dari bau-bau asap pembakaran rokok yang menyengat.

Baca juga: Warung Bu Kadek Khas Bali Selalu Ramai, Apa Sih Yang Spesial?

Daging Babi yang Luar Biasa Juicy Ditandem dengan Masakan yang Enak

nasi goreng spesial warung buto

Di sini saya memesan menu Nasi Goreng Spesial. Nasi goreng ini berisikan jenis olahan babi yang menurut saya terenak yaitu Babi Panggang dan Casiu.

Pertama, saya nyobain babi panggang dan casiu Warung Buto sebelum merasakan nasi gorengnya. Rasanya seperti apa? Rasanya jujur saja, gilak! Beneran deh! Gilak di sini bukan berarti nggak enak, tapi terlalu enak!.

Babi panggang di Warung Buto rasanya lebih enak daripada daging panggang lainnya. Daging panggang di sini crispy dan juicy. Ketika menggigit daging babinya akan terdengar bunyi “kresss” dan kemudian dilanjut dengan lemak daging yang lumer di mulut. Menurut saya, daging panggang ini satu-satunya olahan babi yang bisa menandingi kenikmatan kulit babi yang melegenda.

Terus Casiu-nya gimana? Karena saya nggak pernah merasakan casiu sebelumnya, saya nggak bisa membandingkannya dengan masakan casiu yang lain. Menurut saya casiu ini dari segi rasa kalah menggelegar daripada daging panggang tadi. Tapi, saya cocok dengan rasanya. Terkesan B aja? Mungkin seperti itu yang saya rasakan dari casiu ini.

Selanjutnya saya mau nge-review nasi goreng spesial mereka. Gimana rasanya? Menurut saya ini adalah nasi goreng babi terenak yang pernah saya coba. Rasa gurih dan asin dari nasi gorengnya sangat pas, nggak kurang dan nggak lebih. Keberadaan babi panggang dan casiu di nasi goreng ini sangat pas. Rasa dari daging panggang dan casiu di menu ini semakin memperkaya cita rasa dan menambah kenikmatan ketika bertemu dengan lidah saya.

Saya sendiri menuliskan artikel ini dibarengi dengan rasa lapar yang luar biasa karena mengingat rasanya yang sungguh enak!

Baca juga: Nyobain Babi Guling Bima Kroda, Enak Nggak Sih?

Nampak Mahal Tapi Saya Tertipu

menu warung buto

Saat saya melihat menu di sini saya cukup kaget. Nggak ada yang harganya di bawah 20 ribu! Saya awalnya merasa menu di sini cukup menguras kantong saya. Maklum, saya baru pertama kali di sini.

Namun saya salah besar! Rasa yang ada di masakan Warung Buto ini jelas jauh lebih mahal daripada harga yang tertera di menu yang mana berarti masakan di warung babi ini murah! Sangat worth it to buy! Bahkan kalau harganya agak lebih mahal sedikit dengan rasa yang sama saya masih mengatakan menu makanan di sini itu murah dan worth it to buy.

Nah kira-kira kamu mau nunggu apalagi? Buruan kalian cobain deh. Untuk link Google Maps Warung Buto saya taruh di bawah ya. Selamat kulineran!

Maps Warung Buto

Baca juga: Kuliner Terminal Condong Catur Yang Menggoda (Non-Halal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini