Waktu Baca: 2 menit

Pasti kaum adam yang punya pasangan kadang bertanya-tanya “Salahnya apa sih kalo cuma ngerokok doang? Emangnya kalo cowok ngerokok udah pasti nakal?” dan beberapa asumsi-asumsi lainnya. Kali ini saya akan berbagi pendapat kenapa kok cewek yang punya doi cenderung melarang cowoknya buat merokok. Emang alasannya apa sih?

Soal Kesehatan

Jika sebuah hubungan niatnya akan dibawa ke jenjang yang lebih serius, seorang wanita biasanya ingin menjaga si doi dalam segi kesehatan. Termasuk mengingatkan sesuatu hal yang baik dan tidak baik untuk kesehatannya. Sesederhana perihal merokok. Kaum pria pasti paham lah kalau merokok dalam jangka panjang akibatnya seperti apa. Nah, pasangan kalian tidak mau hal-hal buruk terjadi. Harapannya, dengan tidak merokok si cowok dapat dikatakan sehat jasmani dan rohani. Selain itu, ia berarti peduli dengan kesehatan sendiri maupun orang-orang di sekitarnya.

Baca juga: Berhenti Merokok Butuh Komitmen Bersama

Cowok Perokok itu Boros

Kali ini saya perlu mengatakan secara realistis bahwa cowok perokok itu boros. Ya, bayangkan saja kalau sehari itu ia bisa menghabiskan setengah sampai 1 bungkus rokok. Belum lagi kalau tergantung merk rokoknya apa. Bisa jadi yang paling murah sampai paling mahal. Mari kita ambil tengah-tengahnya. Katakanlah di cowok menghabiskan 1 bungkus untuk 2 hari dengan estimasi Rp 20.000,00 per bungkusnya. Dalam satu bulan ia akan menghabiskan uangnya sebesar Rp 300.000,00 hanya untuk membeli rokok. Bahkan ada juga yang menghabiskan 1 bungkus dalam sehari. Rp 600.000,00 habis terbakar. Udah boros di uang, masih rugi kesehatan. Jadi, daripada uang itu habis untuk merokok, lebih baik ia pakai untuk hal-hal yang lebih bermanfaat baik untuk kebutuhan ataupun kesehatannya.

Baca juga: Cara Bijak Mengatur Keuangan Jelang Lebaran

Apakah Ada Alternatif Lain?

Kalau merokok itu nggak boleh, apakah ada cara lain agar si doi tidak merasa terlalu dibatasi? Ya, bisa dengan memperbolehkan ia memakai rokok elektrik atau sebut saja nge-vape. Walaupun ia tetap akan mengeluarkan uang banyak untuk beli liquid, ganti coil, dsb. Hanya saja, menurut saya nge-vape lebih aman daripada merokok. Bukan berarti vape tidak memberikan efek buruk dalam jangka pendek atau panjang lho ya. Keduanya pun sama-sama memberi dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Tapi setidaknya dengan vape si doi bisa mengatur kadar nikotin yang ada di dalamnya.

Baca juga: Emang Iya Rokok Elektrik Bahaya? Yuk Coba Kenali

Seperti itulah pandangan saya mengapa cewek cenderung melarang atau membatasi pasangan untuk merokok. Alasan utamanya adalah soal kesehatan. Jadi, buat kalian para cowok, cewek bisa membatasi, tapi kalian sendirilah yang tahu batasannya.

Ilustrasi foto oleh Irina Iriser

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini