Waktu Baca: 2 menit

Kalau ngomongin dunia babi panggang Karo memang tidak ada habisnya. Babi panggang model ini banyak peminatnya dan kini sudah mulai mudah ditemukan dimana mana. Salah dua yang terkenal di Yogyakarta adalah Ola Kisat dan juga Lima Serangkai. Rata rata mereka mengandalkan babi panggang dengan lemak. Menurut saya pribadi, babi panggang model Karo ini agak agak tricky dalam memasaknya. Kalau terlalu kering babi akan terasa kering, tapi kalau kurang matang juga ya gimana ya. Tidak mudah menemukan babi panggang karo yang memuaskan. Kali ini saya bertualang sampai Salatiga untuk menikmati babi panggang Bang Pet Salatiga.

Bang Pet ini dulunya adalah mahasiswa di Universitas Kristen Satya Wacana. Namun, karena lebih suka memasak dan berbisnis, ia memutuskan untuk membuka gerai babi panggang Karo di belakang Universitas Kristen Satya Wacana. Tempat makan yang ia buka ini laris manis lho. Kalau sudah duduk di sana, pembeli muter terus.

Keunggulan

sosis babi enak

Kalau boleh jujur, harga babi panggang Bang Pet Salatiga memang jauh lebih murah. Satu porsi sekitar dua puluh ribu Rupiah. Sementara itu, di tempat lain harganya sudah di angka tiga puluh ribu ke atas. Untuk jumlah potongan dagingnya juga cukup fair. Jadi ya makan di sini enak banget.

Koleksi masakannya juga cukup lengkap. Bang  Pet menyediakan jeroan seperti usus, iso dan kuping. By the way, apakah kuping termasuk jeroan? Yang pasti ini juga bagian tubuh babi yang lumayan ekstrem, entahlah. Kalau mau, bisa pesan juga sop otak babi. Sop otak memiliki tekstur yang lembut seperti keju berlemak. Kalau kalian gak keberatan makan otak babi, ini adalah salah satu menu yang saya sarankan.

Tapi jujur saja, bukan daging atau samcan atau jeroannya yang saya suka. Saya justru paling suka dengan sosis babi Bang Pet.

Sosis Babi Enak

sosis babi enak

Sosis babi milik bang Pet emang enak. Menurut saya bumbunya okelah, tidak yang terlalu aneh aneh. Tapi perpaduan lemak dan dagingnya sangat pas. Sosis ini itu rasanya lumer di mulut banget. Dimakan pakai nasi putih hangat dan saus saksang, udah gak ada musuhnya. Untuk informasi, sosis babi ini juga dijual perkilo. Hanya 130,000 Rupiah saja, bukan harga yang mahal untuk setengah kilo sosis.

Sebagai peneman, biar gak seret, ada sayur singkong yang juga fresh banget. Jadi makan di sini gak eneg karena daging semua.

Bagi kamu yang pengen mencicipi babi panggang Bang Pet bisa langsung ke belakang kampus Universitas Kristen Satya Wacana. Tempatnya memang tidak terlalu besar sehingga agak susah buat nongkrong. Tapi tempatnya tetap asyk buat makan makan.

Oh ya, Bang Pet sendiri orangnya ramah. Jadi bisalah asyk asyk berbagi cerita dengan Bang Pet sambil menikmati olahan daging panggang atau dalam kasus saya, sosis babi enak banget khas Bang Pet.

Baca juga :
Masakan Babi Warung Buto Nggak Ada Lawan! 

Review Babi Ino Salatiga, Warung Babi Enak di Kota Terindah Jawa Tengah

Rumah Makan Chinese Food Senjoyo Salatiga : Tio Ciu Style Yang Bikin Kangen

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini