Waktu Baca: 2 menit

Tentu tidak pas kalau saya mengomentari teknik rapper milik Young Lex. Kalau kita bandingkan saja dengan Rich Brianpun, semua orang tahu kalau Rich Brian jauh lebih baik dan memiliki kemampuan syllabels per minutes dan permainan liriknya jauh lebih ‘gila’. Tapi bagi saya Young Lex Rapper yang bertumbuh. Ridwan Remin sudah gak bisa seenaknya memanggil dia dengan sebutan sampah lagi.

Setidaknya bagi saya, Young Lex Rapper yang bertumbuh lewat penggunaan kata yang sederhana, tidak harus dengan omongan kotor dan diksi yang tepat guna. Lagu terbarunya, Mawar, begitu sederhana namun bisa memotret fakta kelam Open BO di Indonesia. Teringat beberapa tahun yang lalu saya ada seorang narasumber Pakbob.id, seorang wanita Open BO, yang mengaku menjadi PSK karena ia dimaki di pesantren akibat mengoreksi kesalahan baca ustadnya dan ia mengaku dipermainkan oleh anak seorang petinggi agama yang membuatnya jadi pelampiasan nafsu.

Wanita yang membuka jasa Open BO selama ini dipandang miring karena menggadaikan tubuhnya untuk uang. Padahal fakta aslinya para penyedia jasa Open BO ini adalah orang orang yang kehilangan keyakinan bahwa ada orang yang mencintai mereka. Young Lex bisa memotret keadaan ini dengan hakiki. Tidak sok mendramatisir, tidak pula berusaha membela, dan tidak juga ingin menjadi pahlawan sosial. Ia hanya memotret dan menegur kita yang suka sok suci dengan fakta. Selebihnya ia membiarkan kita mengambil tindakan sendiri.

Lagunya Bersama Uus Adalah Karya Lain Yang Hakiki

Ia tidak mencoba menjadi sok pintar dalam lagu itu. Ia dan Uus berusaha untuk jujur akan kekhawatiran mereka. Di sini kita melihat kebesaran dan kedewasaan seorang Young Lex. Ya, Young Lex Rapper yang mencoba bertumbuh dengan kesadaran bahwa ia bukan bagian dari orang intelek.

Young Lex malah sempat mendapat cap bodoh. Tapi dengan cap bodoh ia tidak berusaha menampilkan bahwa ia pintar. Ia malah mencoba memotret isu isu sosial yang seharusnya bisa diselesaikan oleh orang pintar tapi tidak ada kemajuan sehingga ‘orang bodoh’ seperti Young Lex harus turun gunung dan mempertanyakan komitmen serta usaha si pintar. Agak menyakitkan sih untuk orang yang merasa dirinya pintar. He..he..

Karyanya yang lain yang saya perhatikan adalah Coba Bicara 4 Mata yang menampilkan penyanyi asal Vierra, Widy. Widy dan Young Lex mungkin adalah salah dua dari penyanyi Indonesia yang bangkit dari keadaan sulit dan kecaman orang. Melihat duet mereka berdua dengan lirik yang tidak rumit dan tema yang dekat, rasa rasanya kita bisa melihat Young Lex yang ‘tahu diri’ dan kini makin menyadari posisinya dalam dunia rap Indonesia. Widypun juga tampak nyaman bermain di nomor yang ngebeat tapi tidak memaksa dirinya menjadi penyanyi yang skillful. Baik Young Lex dan Widy benar benar menikmati apa yang mereka lakukan.

Beberapa waktu lalu ucapan ini mungkin tidak akan pernah saya ucapkan. Namun melihat Young Lex hari ini, saya tidak sabar potensi apa yang bisa Young Lex bawa dalam karya karyanya.

baca juga :

Marriage Story: Belajar dari Hubungan Di Ujung Tanduk

Mencintai Pria Itu Salah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini